Keindahan dan Eksotisme Pulau Maratua

Hey sobat travl, gimana kabar kalian semua ? semoga selalu sehat ya. Oh iya kami dari Redaksi Travlindonesia ingin menghimbau para sobat travel agar tetap melakukan apa yang di anjurkan oleh pemerintah. Untuk selalu melakukan Social Distancing selama Pandemic COVID -19 ini melanda ya sobat. Agar Pandemic ini segera selesai. Dan kita bisa kembali beraktivitas. Nah kami dari Travlindonesia telah mengumpulkan beberapa tempat rekomendasi liburan yang bisa kalian datangi saat pandemic ini selesai di kemudian hari. Nah untuk rekomendasi kali ini kami telah merangkum beberapa spot wisata menarik di daerah Bagan Siapiapi. Yang jarang terjamah oleh wisatawan. Yuk Jalan – jalan.

Pulau Maratua, Sebuah pulau kecil yang berada di selatan pulau tarakan dan berada di lautan sulawesi. Pulau yang berbentuk mirip huruf U ini memiliki eksotisme dan keindahan yang sangat indah. Karakteristik dari pulau maratua hampir mirip dengan pulau Derawan. Pulau Maratua adalah sebuah pulau kecil dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa dan penduduk asli di pula maratua adalah suku bajo yang terbagi dalam 4 desa. Pekerjaan sehari-hari penduduk asli Pulau Maratua adalah nelayan.

Daya tarik Maratua adalah laut. Di sana, pengunjung dapat berenang atau menyelam dan melihat berbagai jenis ikan, dari lion fish sampai pari putih. Saat permukaan air dangkal, penyu pun sering menampakkan diri. Maratua itu bagus dan unik. Di sini ada resort yang bagus, ada pemukiman warga asli Suku Bajo, memiliki aset wisata yang banyak. Ada juga gua-gua, danau. Yang sangat unik di Pulau Maratua adalah Danau Ubur-ubur. Berada di sebelah timur Pulau Kalimantan, Pulau Maratua dikelilingi pulau-pulau kecil seperti Pulau Sidau, Pulau Semut, Pulau Andongabu, Pulau Sangalan, Pulau Bulingisan, Pulau Nusa Kokok, Pulau Bakungan, Pulau Nunukan, Pulau Pabahanan, dan Gosong Pasir.

Bicara soal nama, Maratua berasal dari sebuah mitos tentang kisah pernikahan. Dua keluarga yang akan melangsungkan pernikahan berkumpul di sebuah kapal. Karena tinggal di pulau berbeda, acara pernikahan berlangsung di Pulau Panjang. Di tengah perjalanan masalah datang. Yaitu badai laut yang disertai angin kencang dan ombak besar mengombang-ambingkan kapal. Akibat badai besar itu kapal pun terdorong sampai ke karang dan pecah. Semua penumpang tenggelam.

Semua anggota keluarga tersebut menjadi pulau, anak perempuan yang hendak menikah tersebut menjadi Pulau Derawan dalam bahasa lokal artinya perawan, ibunya berubah menjadi Pulau Semama (mama) dan kakaknya berubah menjadi Pulau Kakaban (kakak). Dari pihak laki-laki menjadi Pulau Sangalaki dan calon mertua perempuan menjadi Pulau Maratua.

Pulau Maratua memiliki keindahan terumbu karang yang indah bertipe fringing reefs, didominasi padang lamun dengan jenis Halodule uninervis, beranekaragam jenis ikan-ikan, dan hutan mangrove di sekitar pantai yang bisa ditemui hampir di setiap perkampungan Pulau Maratua.

Surga bawah laut bagi para penyelam ini jadi tujuan utama penghobi selam seluruh dunia. Pulau Maratua memiliki banyak spot diving. Dari sekian banyaknya, Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel spot. Ketujuh spot diving tersebut memiliki keunikan pemandangan tersendiri.

Diving memang menjadi andalan wisata Pulau Maratua, tapi kalau belum memiliki sertifikat diving, snorkeling di laut lepas Maratua pun membahagiakan. Berenang seharian sambil mencari nemo pun seru. Waktu terbaik untuk snorkeling adalah saat sore hari menjelang senja. Biasanya, pada waktu tersebut, penyu berenang ke arah dermaga.

BACA JUGA : Wisata Air Terjun Cantik Tersembunyi di Kalimantan Timur, Jantur Mapan

Jika beruntung, bisa bertemu ikan pari juga. Jangan lupa siapkan kamera underwater untuk mengabadikan momen seru liburan bersama hewan-hewan laut lucu di Maratua. Mengenai persewaan alat snorkeling, biaya yang dikeluarkan berkisar 40 ribu rupiah per 12 jam.

Selain dari keindahan dunia bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati indah serta tentram suasana senja di Pulau Maratua ini. Tentu saja bersantai di bibir pantai pada saat senja menjadi salah satu hal yang wajib untuk pengunjung coba.

Bersantai dan berjemur di atas pantai Maratua bisa melenakan hati. Pasir putih yang lembut dengan pemandangan air laut berwarna biru bisa jadi alternatif kegiatan yang menenangkan. Atau, sekadar duduk di tepi dermaga kayu sambil memandang laut biru lepas. Penikmat keindahan laut, pasti akan betah berlama-lama di sana.

Suasana hening beserta dengan suara debur ombak yang menyapu seiring dengan kondisi air laut yang sudah mulai pasang memberikan suasana berbeda. Dengan suara angin yang bergemuruh tenang menjadi salah satu hal yang membuat waktu senja terasa berkualitas.

Menyatu dengan alam menjadi sesuatu yang akan pengunjung dapatkan di kawasan pantai pulau Maratua ini. Bilamana pengunjung memiliki waktu lebih, menunggu lebih lama di pinggir pantai untuk mendapatkan keindahan matahari terbenam juga bisa menjadi aktivitas yang menarik di Pantai Maratua ini.

Seperti semua lokasi wisata lain, memburu foto sudah menjadi hal wajib dalam kunjungan wisatawan ke sebuah lokasi. Apalagi jika lokasi premium dengan pemandangan unik seperti pulau terluar ini. Tentu akan sangat membanggakan jika di walls instagram bisa memajang foto-foto aktifitas yang dilakukan di pulau ini.

Dikarenakan dari pemandangan alam yang indah, tentu akan mudah menemukan spot pengambilan foto yang cukup unik di pulau ini. Selain soal lokasi, di dalam kawasan Pulau Maratua ini pengunjung juga akan mendapatkan momen-momen yang tak terduga yang sangat berharga untuk diabadikan di dalam foto.