Berwisata Seru Dan Anti Mainstream di Kalimantan Timur Part 5

Hey sobat travl, gimana kabar kalian semua ? semoga selalu sehat ya. Oh iya kami dari Redaksi Travlindonesia ingin menghimbau para sobat travel agar tetap melakukan apa yang di anjurkan oleh pemerintah. Untuk selalu melakukan Social Distancing selama Pandemic COVID -19 ini melanda ya sobat. Agar Pandemic ini segera selesai. Dan kita bisa kembali beraktivitas. Nah kami dari Travlindonesia telah mengumpulkan beberapa tempat rekomendasi liburan yang bisa kalian datangi saat pandemic ini selesai di kemudian hari. Nah untuk rekomendasi kali ini kami telah merangkum beberapa spot wisata menarik di daerah Kalimantan timur. Yang jarang terjamah oleh wisatawan. Yuk Jalan – jalan.

Bukit Bangkirai

Dulu, Kalimantan identik dengan hutan hujan tropis yang lebat. Mirip-mirip di Amazonlah! Tapi aksi perambahan dan pembalakan hutan, serta pembukaan lahan membuat vegetasi hutan menjadi berubah kualitasnya menjadi lebih buruk. Meski demikian, bukan berarti keberadaan hutan hujan tropis sepenuhnya hilang. Jika Anda ingin merasakan sensasi tracking di tengah hutan hujan tropis, mampir saja ke Bukit Bangkirai, yang kealamiannya masih terjaga.

Rute pertama yang pasti Anda lalui adalah jembatan kanopi setinggi 30 meter dengan panjang 64 meter. Berjalan di atasnya, rasanya deg deg serrr! Dari atas jembatan Anda bisa melihat hutan dengan pepohonan yang hijau. Jika beruntung, Anda bisa melihat hewan liar seperti monyet ekor panjang, rusa atau bahkan orang utan. Bagi Anda penggemar fotografi hewan, ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk ‘berburu’ satwa eksotis itu. Dan yang gemar selfie, spot di sini Instagrammable, lho!

Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo menjadi spot yang pas untuk merefleksikan diri sekaligus menikmati nuansa perkampungan yang asri dan alam yang menenangkan. Potensi yang dimiliki telaga dengan air yang biru itu sangat luar biasa. Airnya yang jernih dan pemandangan alam yang indah menjadikan spot ini sebagai tempat yang pantas masuk dalam daftar kunjungan bila ke Kalimantan Timur.

Pepohonan yang rindang juga menambah keasrian tempat wisata yang terbilang baru ini. Pihak pengelola lokal kini juga mempersiapkan beragam fasilitas tambahan agar wisatawan makin kerasan. Dan apabila Anda beruntung dan cukup awas, ada kemungkinan bisa melihat hewan liar seperti monyet dan bekantan bergelantungan di pepohonan. Wow!

Jantur Mapan

Jika memiliki waktu luang yang berlebih, tak ada salahnya berkunjung ke Kutai Barat. Anda akan menjumpai air terjun alami yang kesegaran dan kesejukannya memiliki kualitasnya sendiri. Jantur Mapan amatlah mencuri perhatian. Bukan hanya letaknya yang tak jauh dari jalan utama, tapi juga tampilan, kesegaran dan kesejukan airnya.

Nuansa alami begitu terasa karena lokasi Jantur Mapan yang dikelilingi tebing batu dan pepohonan. Puncak tebing yang tak terlalu tinggi membuat air dari aliran anak Sungai Mahakam jatuh dengan elok. Dari jalan, untuk bisa sampai ke lokasi, ada belasan anak tangga dari kayu ulin yang harus dijajaki, plus sedikit semburan air dari air terjun.